Manajemen Mutu Terpadu

Nama                      : Nurlianna Manik
Nim                         : C1B020024
Kelas                       : R001 Manajemen FEB UNJA
Mata Kuliah           : Manajemen Mutu Terpadu
Dosen Pengampu  :  Bambang Purnomo, SE.,M.M.


1. Apa itu mutu?

Mutu adalah sebuah tingkat kualitas dari suatu produk yang merupakan harapan dari suatu pelanggan.

2. Apa itu manajemen?

Manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengawasan, pengarahan dan pengorganisasian dalam sebuah organisasi maupun perusahaan yang akan mencapai sebuah tujuan yang telah ditetapkan.

3. Apa itu manajemen mutu?

Manajemen mutu adalah sebuah tindakan dalam menjaga tingkat kualitas produk maupun jasa yang diharapkan oleh perusahaan serta konsumen.

4. Mengapa penting penerapan manajemen mutu dalam organisasi?

Manajemen mutu sangat penting diterapkan dalam sebuah organisasi karena digunakan untuk memastikan setiap produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut memiliki kualitas yang terjamin, selain itu manajemen mutu juga berfungsi untuk mempertahankan kesetiaan dari pelanggan terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan serta menjaga agar konsumen tidak merasa kecewa atas produk yang ditawarkan. 

5. Contoh penerapan manajemen mutu di kampus.

Contoh penerapan manajemen mutu di kampus seperti adanya akreditas  sebuah kampus dan akreditas sebuah fakultas.  Dimana  akreditas tersebut menjelaskan seberapa besar tingkat kualitas dari kampus maupun fakultas tersebut.

6. Contoh penerapan manajemen mutu di perusahaan.

Contoh penerapan manajemen mutu di sebuah perusahaan seperti adanya standar ISO dalam sebuah perusahaan. Guna iso bagi perusahaan yaitu perusahaan bisa mengetahui dan mendapatkan kredibilitas, kepercayaan konsumen, perusahaan juga mendapatkan jaminan kualitas standar internasional, mengoptimalkan kinerja karyawan, serta menjadi branding untuk perusahaan. 

7. Apa yang terjadi jika manajemen mutu tidak diterapkan dalam organisasi atau perusahaan?

Jika manajemen mutu tidak diterapkan dalam sebuah organisasi atau perusahaan maka terdapat ketidakpuasan pelanggan serta berkurangnya rasa percaya pelanggan maupun konsumen terhadap perusahaan tersebut. Tentu saja hal ini akan berdampak buruk pada perusahaan , misalnya perusahaan tersebut akan mendapat pendapatan maupun profit yang menurun serta menjadikan Citra perusahaan tersebut menjadi buruk. 

8. Sebutkan marketing mix.

Marketing mix memiliki istilah 4P, yaitu produk, harga, tempat distribusi, serta promosi yang dilakukan oleh perusahaan untuk mencapai target market yang diinginkan. 
- Produk. Merupakan sebuah barang maupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada pelanggan. Produk yang dimaksud disini merupakan sebuah kebutuhan pasar, jika produk yang diciptakan sesuai dengan kebutuhan pasar maka akan meningkatkan nilai penjualan.
- Harga. Penentuan harga didasari oleh kualitas yang dimiliki oleh produk.
- Tempat. Merupakan sebuah tempat dalam memasarkan sebuah produk, misalnya di bangunan fisik, media sosial, dan lain sebagainya. 
- Promosi. Merupakan kegiatan pemasaran produk atau memperkenalkan produk ke konsumen, tujuannya untuk mengetahui target pasar.

9. Apa pentingnya pelayanan bagi perusahaan?

Pelayanan sangat penting bagi perusahaan, karena para konsumen tidak akan hanya melihat dari segi kualitas produk yang ditawarkan tetapi konsumen juga memperhatikan  bentuk pelayanan dari sebuah perusahaan meliputi cara dan sikap baik buruknya sebuah perusahaan menanggapi konsumen.

10. Apa itu kepuasan pelanggan?

Kepuasan pelanggan merupakan sebuah tingkat suatu perasaan senang atau merasa puas atas suatu produk serta layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.

11. Apa hubungannya kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan?

Kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan sangat berhubungan,  karena kepuasan  pelanggan tergantung oleh kualitas pelayanan dari sebuah perusahaan. Semakin tinggi tingkat kualitas pelayanan maka semakin tinggi tingkat kepuasan pelanggan yang dihasilkan. Misalnya ketika sebuah perusahaan melayani pelanggan dengan baik tentu saja pelanggan tersebut akan menjadi lebih merasa puas, sebaliknya jika sebuah perusahaan memiliki pelayanan yang buruk tentu saja pelanggannya akan merasa kecewa dan tidak akan merasa puas.

12. Mengapa sebuah karyawan dan pimpinan perusahaan perlu dalam penerapan manajemen mutu?

Karena karyawan dan pimpinanlah yang berperan dalam memajukan perusahaan tersebut. Karena jika mutu dalam sebuah perusahaan naik makalah meningkatkan kualitas dan mengidentifikasi ukuran kualitas terbaik suara pelanggan dalam hal layanan, produk serta pengalaman dari pelanggan.

13. Apa itu kualitas?

Kualitas merupakan sebuah tingkat dari baik buruknya sebuah produk atas dasar kebutuhan konsumen. 

14. Contoh perusahaan yang menerapkan pelayanan kepada pelanggan.

Menurut saya contoh perusahaan yang menerapkan pelayanan kepada pelanggan yaitu perusahaan Grab (PT. Solusi Transportasi Indonesia). Di mana grab melayani pemesanan kendaraan seperti ojek, grab mobil atau grab taxi, grab kurir, grab food, dll. Layanan Grab sudah tersedia di 125 kota di seluruh Indonesia.

Dimana para konsumen tidak hanya melihat kualitas yang ditawarkan oleh perusahaan grab tersebut tetapi para konsumen juga mengukur tingkat pelayanan dari perusahaan tersebut. Karena Grab memiliki hubungan dengan pelayanan, dimana pelayanan yang diberikan perusahaan tersebut yang akan menjamin Tingkat kesuksesan dari perusahaan. Jika pelayanan yang diberikan oleh Grab baik dan memuaskan pelanggan, maka perusahaan akan mendapat keuntungan berupa penambahan jumlah konsumen. Mengukur  pelayanan dapat dilakukan dengan pemilihan rating atau bintang dari aplikasi yang disediakan oleh  Grab tersebut.

15. Bagaimana hubungan kualitas, kepuasan pelanggan dan kemampuan bersaing bagi organisasi?

Tentunya hubungan kualitas dengan kepuasan pelanggan sangat berkaitan erat karena produk yang berkualitas mempunyai peran penting untuk membentuk kepuasan dari pelanggan. Karena semakin berkualitas produk yang diberikan maka kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan semakin tinggi. Apabila kepuasan pelanggan semakin tinggi maka dapat menambah keuntungan bagi perusahaan tersebut. Karena produk yang berkualitas akan membuat pelanggan merasa puas, jika pelanggan puas maka perusahaan tersebut tidak akan bersaing oleh perusahaan lain. 








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerapan Standar Operasional Pada Bank Mandiri (Kaitannya Dengan TQM)